PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB BERSOSIAL MEDIA DENGAN METODE JIGSAW DAN MEDIA PROJECTED STILL PADA SISWA KELAS VIII C MTS MUHAMMADIYAH KARANGKOBAR BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

setiyani, fira fajri (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB BERSOSIAL MEDIA DENGAN METODE JIGSAW DAN MEDIA PROJECTED STILL PADA SISWA KELAS VIII C MTS MUHAMMADIYAH KARANGKOBAR BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FIRA FAJRI SETIYANI 23010180002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiyani, Fira Fajri. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Adab Bersosial Media dengan Metode Jigsaw dan Media Projected Still Pada Siswa Kelas VIII C Mts Muhammadiyah Karangkobar Banjarnegara Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar; jigsaw; projected still Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode jigsaw dan media projected still dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi adab bersosial media pada siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Karangkobar Banjarnegara Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Karangkobar Banjarnegara yang terdiri dari 18 siswa yaitu 06 siswa laki-laki dan 12 siswa permpuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Langkah-langkah dalam peneltian ini yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII C MTs Muhammadiyah Karangkobar Banjarnegara dengan jumlah 18 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode jigsaw dan media projected still dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya data pra siklus sebelum diterapkanya metode jigsaw dan media projected still dalam pembelajaran. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 8 siswa (44,4%) dari 18 siswa. Nilai tersebut mengalami peningkatan pada siklus I setelah diterapkanya metode jigsaw dan media projected still dalam pembelajaran presentase peserta didik yang tuntas sebanyak 10 siswa (55,6%). Adapun pada silklus II terdapat 16 siswa (88,9%) yang tuntas atau telah mencapai KBM. Jadi, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas keberhasilan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 17:57
Last Modified: 12 Jul 2022 12:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item View Item