PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI MENGHAYATI ASMA’UL HUSNA DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS ) DAN MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2021/2022

kholifah, Eva nur (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI MENGHAYATI ASMA’UL HUSNA DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS ) DAN MEDIA MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
EVA NUR KHOLIFAH 23010180016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi menghayati asma‟ul husna menggunakan metode STAD (Student Team Acheivement Divisions) menggunakan media mind mapping pada kelas VII D MTs Negeri 2 Sragen. Untuk menerapkan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) menggunakan media mind mapping pada kelas VII D MTs Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan 2 Siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus presentase klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian bahwa penerapan Metode STAD (Student Team Achievement Divisions) sebagai berikut : Peserta didik mengamati tanyangan Power Point pembelajaran. Peserta didik mampu menghafalkan asma‟ul husna. Peserta didik berkelompok dan menganalisis atau mengambil kesimpulan dari tayangan power point yang telah diamati. Penerapan Metode STAD (Student Team Achievement Divisions) menggunakan media mind mapping dapat meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Menghayati Asma‟ul Husna. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian pra siklus nilai rata-rata dari 32 siswa yaitu 62. 56 dengan 8 siswa tuntas (25 %) dan 24 tidak tuntas (75%). Pada siklus I nilai rata-rata71. 65 dengan siswa tuntas 15 siswa (46. 87 %) dan 17 siswa tidak tuntas (53.12 %) meskipun terdapat peningkatan, namun hasil tersebut masih jauh dari pencapaian ketuntasan klasikal 85 % dari jumlah peserta didik. Sedangkan siklus II nilai rata-rata 88. 59 dengan 30 siswa tuntas (93. 75%) dan 2 siswa yang tidak tuntas (6. 25 %).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 21:28
Last Modified: 12 Jul 2022 14:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item