PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2021/2022

Awaliah, Khoerotul (2022) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI KHOEROTUL AWALIAH 23010180057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan karakter religius, pembinaan prestasi akademik, pembinaan prestasi nonakademik siswa, faktor penghambat serta solusi dalam pembinaan karakter religius dan prestasi akademik serta nonakademik pada siswa di MTs Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data dan hasil penelitian yang diperoleh diolah dan dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data pada peneltian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan yang dilakukan dalam menanamkan karakter religius terhadap siswa di MTs Negeri 1 Kebumen yaitu melalui kegiatan di dalam dan di luar kelas. Metode yang digunakan yaitu metode keteladanan, pembiasaan, reward and punishment, perumpamaan, dan motivasi serta nasehat. Sedangkan untuk nilai-nilai yang ditekankan yaitu nilai ibadah, kejujuran, kedisiplinan, keta'dziman dan adab, serta kemandirian. (2) Pembinaan prestasi akademik di MTs Negeri 1 Kebumen dilaksanakan dengan membuat struktur kurikulum khusus, layanan tambahan jam mata pelajaran dan latihan soal. Sedangkan pembinaan prestasi nonakademik dilakukan dengan ekstrakurikuler, pembuatan struktur kurikulum khusus dan latihan tambahan. (3) Faktor penghambat pembinaan karakter religius di MTs Negeri 1 Kebumen yaitu dari pribadi anak, fasilitas kurang memadai dan lingkungan. solusinya yaitu melengkapi fasilitas, memberikan bimbingan khusus, dan mencari tau akar masalah. Faktor penghambat pembinaan prestasi akademik siswa yaitu kejenuhan siswa dan guru, lingkungan, penggunaan aplikasi lomba kurang fleksibel, fasilitas kurang memadai,dan pribadi siswa. Solusinya yaitu mengadakan rapat dan evaluasi, meningkatkan kesejahteraan guru, dan melengkapi fasilitas sekolah. Sedangkan faktor penghambat pembinaan prestasi nonakademik siswa yaitu dari pribadi anak, adanya pandemi 2 tahun terakhir dan kurang perhatian dari pembina. Solusinya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu dengan memotivasi siswa, membangun kesadaran bersama, dan membangun kembali kebiasaan lama.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 22:02
Last Modified: 12 Jul 2022 22:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item