PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2018-2021)

Nafi'ah, Ulya Inamun (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2018-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Ulya Inamun_096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan masuk dalam ISSI. Metode sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana terdapat penarikan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu, sehingga sampel yang diperoleh 80 sampel dari 20 perusahaan manufaktur yang masuk dalam ISSI dengan periode pengamatan 2018-2021. Jenis data yang digunakan adalah data panel. Metode analisis yang digunakan meliputi uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi berganda, uji T, uji F, R², uji asumsi klasik dan uji MRA. Uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolah data Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan, variabel Likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kemudian, variabel ISR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan interaksi ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan, interaksi ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh Likuiditas dan ISR terhadap Nilai Perusahaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:05
Last Modified: 12 Jul 2022 19:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item View Item