Peningkatan Hasil Belajar Materi Khulafaur Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad Saw Melalui Metode Ice Breaking dan Media Audio Visual Gerak Siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Tahun Pelajaran 2021/2022

Safii, Muhamad Bayu (2022) Peningkatan Hasil Belajar Materi Khulafaur Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad Saw Melalui Metode Ice Breaking dan Media Audio Visual Gerak Siswa kelas VII SMP Dharma Lestari Tahun Pelajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
23010180031 Muhamad Bayu Safii.pdf

Download (3MB)

Abstract

Safii, Muhamad Bayu. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Khulafa’ur Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad Saw Melalui Metode Ice Breaking Dan Media Audio Visual Gerak Siswa Kelas VII D SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Guntur Cahyono, M. Pd Kata Kunci: ice breaking; audio visual gerak; hasil belajar Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari pada materi Khulafa’ur Rasyidin penerus perjuangan Nabi Muhammad Saw. Menggunakan metode dan media tersebut karena ingin membuat situasi kelas dan pembelajaran menarik dan inovatif. Penelitian dengan metode pembelajaran ice breaking dan media audio visual gerak. Materi Khulafaur Rasyidin ditemukan permasalahan pada siswa antara lain siswa merasa jenuh terhadap cara penyampaian dan penjelasan materi. Maka dari itu peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk menganalisis permasalahan belajar siswa. Hasil penelitian berupa data yang diperoleh dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas VII D pada siklus I mencapai 79,75 dan presentase ketuntasan siswa 72,2%. pada siklus II nilai rata-rata mencapai 86,05 dan persentase ketuntasan siswa 86,1%. Berdasarkan data Pra Siklus, Siklus 1, Siklus 2 dapat diperoleh peningkatan dari segi jumlah siswa yang tuntas, rata-rata dan presentase siswa yang tuntas. Presentase ketuntasan 86,1% artinya ≥85% telah mencapai indikator pencapaian, maka penelitian sampai pada Siklus II Oleh karena itu, melalui metode ice breaking dan media audio visual gerak dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti kelas VII D SMP Dharma Lestari Salatiga.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2022 16:03
Last Modified: 14 Jul 2022 13:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13915

Actions (login required)

View Item View Item