PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP ISLAM SUNAN GIRI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

, Mala Khoirul Maghfiroh (2022) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP ISLAM SUNAN GIRI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
REVISI FIX MALA KHOIRUL MAGHFIROH 23010180045...pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh, Mala Khoirul. 2022. Pembinaan Karakter Religius dan Sikap Sosial Siswa di SMP Islam Sunan Giri Kota Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Pembinaan, Karakter, Religius, Sikap, Sosial, Siswa Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Sunan Giri Salatiga; 2) Problematika yang muncul dalam pembinaan karakter religius di SMP Islam Sunan Giri Salatiga; 3) Pembinaan sikap sosial siswa di SMP Islam Sunan Giri Salatiga; 4) Problematika yang muncul dalam pembinaan sikap sosial di SMP Islam Sunan Giri Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer yakni hasil wawancara dari kepala sekolah, guru dan siswa serta observasi; dan sumber data sekunder berupa dokumen serta foto kegiatan terkait pembinaan karakter religius dan sikap sosial siswa. Teknik dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memeperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMP Islam Sunan Giri Salatiga memiliki: 1) Pembinaan karakter religius meliputi pembinaan melalui keteladanan, nasihat dan motivasi, pembiasaan asmaulhusna, pembiasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an, pembiasaan bersedekah, program Jumat religi, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler pramuka; 2) Problematika pembinaan karakter religius meliputi kurangnya tenaga pendidik, mengatasi siswa dengan berbagai latar belakang, mengatasi siswa yang tidak disiplin, kurangnya sarana dan prasarana; 3) Pembinaan sikap sosial meliputi pembinaan melalui keteladanan, pendekatan guru kepada siswa, kegiatan apel pagi, nasihat dan motivasi, metode pembelajaran aktif, ekstrakurikuler pramuka, pembiasaan peduli sesama, pembiasaan menghormati guru, pembiasaan menjaga kebersihan lingkungan; 4)Problematika pembinaan sikap sosial meliputi pandemi Covid-19, mengatasi siswa yang tidak disiplin, mengatasi siswa yang introvert, mengatasi anggapan siswa bahwa pondok pesantren lebih penting dari pada sekolah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2022 19:32
Last Modified: 14 Jul 2022 12:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13918

Actions (login required)

View Item View Item