KONSELING INDIVIDU MELALUI TEKNIK RELAKSASI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MAKNA HIDUP SISWA BROKEN HOME DI SMK NUSAPERSADA TENGARAN

Sakina, Nindi Nada (2022) KONSELING INDIVIDU MELALUI TEKNIK RELAKSASI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MAKNA HIDUP SISWA BROKEN HOME DI SMK NUSAPERSADA TENGARAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NINDI NADA SAKINA 23080180057 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah layanan konseling individu teknik relaksasi Islam efektiv meningkatkan makna hidup pada siswa broken home kelas XI di SMK Nusapersada Tengaran. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan melalui teknik analisis statistik menggunakan Paired Sample t-Test. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling serta pengambilan data menggunakan angket makna hidup. Uji hipotesis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil pretest dan posttest yang dilakukan siswa, tujuanya untuk menjelaskan secara detail data penelitian sehingga hasil penelitian yang didapat sangat valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata makna hidup siswa sebelum diberi perlakuan (Pretest) nilai rata-rata 5 sample adalah 68,2 dan setelah diberikan perlakuan konseling individu dengan teknik relaksasi islam nilai rata-rata makna hidup 5 sample naik menjadi 100,2 dan berdasarkan data tersebut juga nilai signifikansi 2-tailed 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik relaksasi Islam dapat meningkatkan makna hidup siswa Broken Home kelas XI SMK Nusapersada Tengaran tahun pelajaran 2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:10
Last Modified: 22 May 2023 07:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13926

Actions (login required)

View Item View Item