PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON ASSET (ROA), DAN CURRENT RATIO (CR) TERHADAP CLOSING SHARE PRICE (CSP) DENGAN DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PERUSAHAAN LISTING JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2016-2020)

Fitri, Anisah Rifani (2022) PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON ASSET (ROA), DAN CURRENT RATIO (CR) TERHADAP CLOSING SHARE PRICE (CSP) DENGAN DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PERUSAHAAN LISTING JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2016-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ANISAH RIFANI FITRI_NIM 63040180148.pdf

Download (2MB)

Abstract

Investasi dalam pasar modal merupakan media yang digunakan oleh masyarakat atau perusahaan untuk mengembangkan perekonomian di Indonesia. Instrumen yang sering digunakan dalam berinvestasi yaitu saham, meskipun berisiko tinggi karena harga saham yang sering berfluktuasi akibat perubahan yang pada tingkat penawaran dan permintaan pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh DER, ROA, dan CR terhadap CSP dengan DPR sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan regresi data panel. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan Perusahaan yang terdaftar dalam JII periode 2016-2020. Pengolahan data menggunakan software analisis Eviews 9 dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 45. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa DER berpengaruh positif terhadap CSP, ROA berpengaruh positif terhadap CSP, dan CR berpengaruh negatif terhadap CSP. DPR tidak mampu memediasi pengaruh DER, ROA, dan CR terhadap CSP. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah menggunakan DPR sebagai variabel mediasi. Perbedaan lainnya adalah dari periode penelitian yaitu 2016-2020. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya sebuah perusahaan dalam menyampaikan informasi terkait laporan keuangan secara lengkap agar pihak luar dapat memahami dan menghindari adanya ketidaksesuaian informasi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:53
Last Modified: 14 Jul 2022 19:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13928

Actions (login required)

View Item View Item