IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ASWAJA DAN PENGEMBANGAN INOVASI PADA KADER RAYON MATORI ABDUL DJALIL PMII FTIK IAIN SALATIGA TAHUN 2022

MAHYA, MUHAMMAD ZUHAD (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ASWAJA DAN PENGEMBANGAN INOVASI PADA KADER RAYON MATORI ABDUL DJALIL PMII FTIK IAIN SALATIGA TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
M. ZUHAD MAHYA 23010170378(1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mahya, Muhammad Zuhad. 2022. Implementasi Pendidikan Aswaja dan Pengembangan Inovasi Pada Kader Rayon Matori Abdul Djalil PMII FTIK IAIN Salatiga Tahun 2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2 Pembimbing : Syaefudin Achmad, M. Pd. Kata Kunci : Implementasi, Aswaja, Inovasi Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan aswaja dan pengembangan inovasi pada kader Rayon Matori Abdul Djalil. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi pendidikan aswaja dan pengembangan inovasi pada kader Rayon Matori Abdul Djalil. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung implementasi pendidikan aswaja dan pengembangan inovasi pada kader Rayon Matori Abdul Djalil. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini informasi diperoleh dari pengurus dan kader Rayon Matori Abdul Djalil. Informan yang telibat dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 6 pengurus, dan 2 kader Rayon Matori Abdul Djalil. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi Pendidikan aswaja dan pengembangan inovasi kader dilakukan dengan berbagai macam program yang dirancang oleh pengurus rayon seperti sekolah aswaja, kajian keislaman yang mengkali beberapa kitab aqidah dan tassawuf yang sejalan dengan nilai-nilai yang ada dalam ahlussunnah wal jama’ah, pengenalan amaliah aswaja dengan melaksanakan langsung seperti dziba’an, ziarah kubur, mujahadah dan amaliyah aswaja lainnya. Lalu ada pelatihan literasi, public speaking dan sekolah ideologi Pendidikan untuk menunjang nalar kader dalam mengembangkan inovasi dan selalu berinovasi. (2) Faktor penghambat implementasi pendidikan aswaja dan pengembangan inovasi pada kader sangatlah beragam. Adapun yang seringkali menjadi hambatan rayon dalam mengimplementasikan Pendidikan aswaja dan pengembangan inovasi yaitu perbedaan latar belakang, perbedaan kegiatan individu dan minat kader yang beragam. (3) Faktor yang mendukung dalam implementasi Pendidikan aswaja dan pengembangan inovasi pada kader Rayon Matori Abdul Djalil adalah internal yang berasal dalam diri masing-masing individu kader dan faktor eksternal yang berasal dari orang-orang di sekitarnya dan lingkunganya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:46
Last Modified: 05 Sep 2022 13:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item View Item