Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas V Semester I di MI MA’ARIF NU Dsn. Geyongan Ds. Kandangan Kec. Bawen Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Nirawati, Alvi (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas V Semester I di MI MA’ARIF NU Dsn. Geyongan Ds. Kandangan Kec. Bawen Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ALVI NIRAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah lebih sering menggunakan metode ceramah dan model pembelajaran yang kurang menarik sehingga hasil belajar kurang maksimal. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah diakibatkan karena kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang diberikan oleh guru. Proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode pengajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab saja disamping penggunaan metode guru juga menggunakan model pembelajaran kurang menarik dan monoton, guru mendominasi pembicaraan dan berpaku pada buku paket saja. Untuk menanggulangi hal tersebut banyak konsep pembelajaran aktif yang ditawarkan, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini, diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi tumbuhan hijau melalaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V semester I di MI Ma’arif Dsn. Geyongan Ds. Kandangan Kec. Bawen Kab. Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI Ma’arif NU Dsn. Geyongan Ds. Kandangan Kec. Bawen Kab. Semarang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada semester satu pada tahun 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA materi tumbuhan hijau dengan menggunakan model pembelajaran TGT pada siswa kelas V semester I di MI Ma’arif NU Dsn. Geyongan Ds. Kandangan Kec. Bawen Kab. Semarang . Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada pra siklus sebanyak 7 siswa (35%), siklus I sebanyak 17 siswa (85%), siklus II sebanyak 20 siswa (100%). Nilai rata-rata kelas pra siklus: 52,, siklus I: 71, dan pada siklus II: 77,5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2017 06:48
Last Modified: 31 Mar 2017 06:48
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item