EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) MATERI IPA KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP MISKONSEPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

Sunarsih, Dewi (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) MATERI IPA KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP MISKONSEPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI DEWI.SUNARSIH 23060150039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siswa SMP N 7 Salatiga mengalami miskonsepsi materi IPA Klasifikasi Makhluk Hidup sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui adanya miskonsepsi siswa pada materi IPA Klasifikasi Makhluk Hidup. 2) Mengetahui penurunan miskonsepsi siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada kelas eksperimen. 3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Materi IPA Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap miskonsepsi pada siswa kelas VII SMP N 7 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling kemudian diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal hasil belajar dan form tingkat kepercayaain diri (CRI). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil analisis miskonsepsi pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan diperoleh persentase pemahaman kategori miskonsepsi sebesar 41,82% dan pada kelas eksperimen di peroleh persentase pemahaman kategori miskonsepsi sebesar 54,07%. 2) Hasil analisis penurunan miskonsepsi pada kelas kontrol setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai sebesar 0,01 dan kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,41. 3) Hasil uji perbedaan rata-rata N-Gain menggunakan uji Independent sample t-test, diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000<0,005. 4) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) efektif ditinjau dari hasil belajar materi Klasifikasi Makhluk Hidup siswa kelas VII SMP N 7 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2022 14:15
Last Modified: 16 Jul 2022 14:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13959

Actions (login required)

View Item View Item