STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH BADRISSALAM KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Indriyani, Dewi (2022) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH BADRISSALAM KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk : (1) Mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Badrisalam Kabupaten Boyolali. (2) Untuk Mengetahui faktor pendukung dan factor penghambat strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 MI Badrisalam Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, Sumber data penelitian ini meliputi sumber primer yaitu wawancara dengan kepala Madrasah, guru dan siswa kelas I C MI Badrissalam. Sumber Sekunder yaitu mengumpulkan dokumen melalui orang yang tidak bersangkutan sebagai penguat wawancara yaitu dengan karyawan TU. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan melalui dokumen. Teknik analisi data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik traingulasi yaitu sumber data, sumber teknik, sumber waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan di kelas I MI Badrissalam adalah dengan menggunakan strategi Permainan Short Card, Bernyanyi dan Bermain, Les Membaca,Memotivasi Siswa, Kartu Huruf, Belajar di Luar Kelas, Pemberian Tugas. (2) Faktor pendukung dari segi internal yaitu adanya minat belajar dari siswa dan mengikuti kegiatan les membaca, sedangkan dari segi ekternal yaitu tutor teman sebaya dan adanya kerja sama pihak sekolah, guru dan orang tua dan Faktor penghambat yaitu terdapat faktor internal berasal dari dalam diri siswa seperti kecapekan,kurangnya kesadaran dalam membaca masih rendah, kurang fokusnya daya kosentrasi pada saat di kelas, faktor ekternalnya berasal dari lingkungannya seperti kurangnya ketersedian buku bacaan di sekolah, suasana pembelajaran yang kurang kondusif dan kurangnya dukungan serta motivasi dari orang tua.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 14:34
Last Modified: 30 May 2023 20:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13970

Actions (login required)

View Item View Item