PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VI MI MA'ARIF GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Rizki, Sri (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VI MI MA'ARIF GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SRI RIZKI 23040180051 PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kompetensi sikap sosial siswa kelas VI MI Ma’arif Gedangan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Nonequivalent Controul Group Design dan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VI B kemudian kelas VI A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji linearitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kompetensi sikap sosial siswa pada kelas eksperimen, hal ini dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif berupa hasil pretest kelas eksperimen memperoleh rata-rata yaitu 55,94 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata yaitu 56,59. Kemudian rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen yaitu 58,35 sedangkan kelas kontrol yaitu 57,12. Maka hipotesis dalam penelitian ini dikatakan terpenuhi, dilihat dari hasil uji hipotesis linearitas sederhana dengan keputusan uji nilai (Sig.) < 0,05 dan mendapatkan hasil uji nilai (Sig.) 0,00 < 0,05 yang artinya Ho diterima, dan dari uji koefisien determinasi yang dilakukan besarnya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kompetensi sikap sosial siswa adalah sebesar 80,9%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 16:16
Last Modified: 18 Jul 2022 09:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item