UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI "BEREMPATI ITU MUDAH, MENGHORMATI ITU INDAH" MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN ROLE PLAYING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Anggraini, Candra Dian (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI "BEREMPATI ITU MUDAH, MENGHORMATI ITU INDAH" MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN ROLE PLAYING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi Candra Dian Anggraini.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anggraini, Candra Dian. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah Menggunakan Metode Problem Solving Dan Role-Playing Kelas VII SMP Negeri 1 Suruh Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar PAI, Metode Problem Solving, Metode Role-Playing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) materi berempati itu mudah, menghormati itu indah menggunakan metode problem solving dan Role-Playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suruh Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 36 siswa yaitu 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat fase di setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa metode Problem Solving dan Role-Playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah menggunakan metode Problem Solving dan Role-Playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 23 siswa (63,89%), siklus II ketuntasan siswa sebanyak 33 siswa (91,67%), sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan melebihi KBM yaitu 85%. Oleh karena itu siklus dihentikan karena siswa telah mencapai hasil belajar tuntas dan melebihi KBM yang telah ditentukan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 17:27
Last Modified: 18 Jul 2022 17:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13978

Actions (login required)

View Item View Item