MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI COVID 19 di SMA N 1 Bandongan Magelang dan SMA SOLIHIN Bandongan Magelang

chalim, abdul (2022) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI COVID 19 di SMA N 1 Bandongan Magelang dan SMA SOLIHIN Bandongan Magelang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ABDUL CHALIM 12010190050 revisi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model Pembelajaran Pada Era Pandemi COVID 19 Studi Kasus SMAN1 Bandongan Magelang dan SMA SOLIHIN Bandongan Magelang tahun 2021. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Phil.Widiyanto, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan dalam menentukan model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran daring, mengetahui model pembelajaran daring yang digunakan oleh SMA N1 Bandongan Magelang dan SMA SOLIHIN Bandongan Magelang, mengetahui hambatan yang dialami oleh sekolah selama kegiatan pembelajaran daring. Metode penitian ini menggunakan metode penelitian kulalitaif, dengan metode pengumpulan data berupa obsrvasi, wawancara,dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data berupa data reduction, data display, conclusion drawing/verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kebijakan penentuan model pembelajaran daring di SMA N1 Bandongan Magelang dengan model E-learning dengan memanfaatkan platform aplikasi Ms. Team, website sekolah, whatssap dan SMA SOLIHIN Bandongan Magelang menentukan kebijakan pembelajaran berupa distance learning dengan memanfaatkan platform aplikasi berupa whatssap. (2) model pembelajaran E-learning yang diterapkan di SMAN1 Bandongan Magelang yaitu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara real time dan pembelajaran distance learning yang diterapkan di SMA SOLIHIN Bandongan Magelang yaitu kegiatan pembelajaran yang dilaksankan secara kondisional. (3) faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran adalah mayoritas siswa sudah memiliki HP, ketersediaan jaringan internet, bantuan paket data dari pemerintah, kondisi sosial keluarga peserta didik yang sebagian besar mendampingi kegiatan pembelajaran, kondisi ekonomi yang mampu mencukupi kebutuhan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring.faktor penghambata dalam kegiatan pemelajaran adalah beberapa anak belum memiliki HP, sinyal yang sering hilang, Hp sering mati sendiri, kondisi sosial masyarakat yang sebagian menganggap bahwa pendidikan secara formal tidak berpengaruh bagi masa depan anak yang mengakibatkan motivasi anak kurang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, kondisi ekonomi yang sebagian masih ada yang belum bisa mencukupi kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 17:56
Last Modified: 18 Jul 2022 17:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13982

Actions (login required)

View Item View Item