STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN KREATIVITAS GURU DI SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

RIYANI, (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN KREATIVITAS GURU DI SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
REVISI SKRIPSI RIYANI 23010180028.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Riyani. 2022. Pengembangan Kompetensi Dan Kreativitas Guru Di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Siti Rukhayati M.Ag. Kata kunci: pengembangan, kompetensi guru, kreativitas guru Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: pertama, mengetahui upaya pengembangan kompetensi dan kreativitas guru di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022, kedua mengetahui faktor pendukung dan penghambat adanya kegiatan pengembangan kompetensi dan kreativitas guru di SMA Muhammadiyah plus Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena yang diteliti. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber data primer yang didapat dari wawancara langsung dengan kepala sekolah, staf dan guru. Sumber data sekunder didapat dari hasil observasi, dokumentasi, dan foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: pertama, pengembangan kompetensi dan kreativitas guru di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga tahun ajaran 2021/2022 dapat dilakukan melalui kegiatan seperti MGMP guru, rapat rutin setiap minggunya, mengikuti kegiatan-kegiatan seperti seminar, workshop dll, motivasi untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Kedua, faktor pendukung pengembanagan kompetensi dan kreativitas guru di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga adalah sarana dan prasarana yang mendukung, adanya dana dari sekolah, wabil khusus dukungan dari para guru itu sendiri, sedangkan faktor penghambat dari pengembangan kompetensi dan kreativitas guru di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga adalah ada beberapa guru yang memiliki hambatan dalam mengikuti perkembangan zaman (teknologi), kurang efektifnya waktu saat pembinaan dan masih ada sarana dan prasarana yang belum memadai

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 18:12
Last Modified: 18 Jul 2022 18:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item View Item