PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT BERBANTU MEDIA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTs NEGERI 4 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Damayanti, Noveria (2022) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT BERBANTU MEDIA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTs NEGERI 4 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI NOVERIA DAMAYANTI-T.IPA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia menggunakan metode Cooperative Script dengan media bergambar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Cilacap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis PTK atau sering disebut classroom action research. Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang peneliti untuk memecahkan sebuah masalah atau persoalan yang dilakukan secara sistematis. Dimulai dari perencanaan (planning) tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 4 Cilacap dengan jumlah 34 siswa. Jumlah siswa perempuan sebanyak 16 anak dan siswa lakilaki sebanyak 18 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia menggunakan metode cooperative script berbantu media bergambar pada siswa kelas VIII B MTs Negeri 4 Cilacap sudah mencapai indikator keberhasilan klasikal yang telah ditentukan yaitu sebesar 85% dari keseluruhan jumlah siswa serta ditandai dengan respon siswa yang lebih aktif ketika proses pembelajaran berlangsung baik ketika tanya jawab dalam diskusi, atau presentasi. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 69.11 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84.5. Maka besar peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15.39. Besar persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 38.23 % atau 13 anak dan meningkat menjadi 91.17% atau 31 anak. Maka besar persentase peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas dari siklus I ke siklus II sebesar 52.94%

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 18:14
Last Modified: 18 Jul 2022 18:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item View Item