PENGGUNAAN LABORATORIUM MAYA (VIRTUAL LABORATORY) DENGAN PENDEKATAN 5 M (MENGAMATI, MENANYA, MENCOBA, MENALAR DAN MENGKOMUNIKASI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HUKUM ARCHIMEDES PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEMUSU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

yanti, Kurni (2022) PENGGUNAAN LABORATORIUM MAYA (VIRTUAL LABORATORY) DENGAN PENDEKATAN 5 M (MENGAMATI, MENANYA, MENCOBA, MENALAR DAN MENGKOMUNIKASI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HUKUM ARCHIMEDES PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEMUSU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Kurni Yanti 23060180038.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Yanti, Kurni. 2022. Penggunaan Laboratorium Maya (Virtual Laboratory) Dengan Pendekatan 5 M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hukum Archimedes Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kemusu Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; Laboratorium Maya (Virtual Laboratory); 5 M; Hukum Archimedes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kemusu tahun pelajaran 2021/2022 menggunakan Laboratorium Maya (Virtual Laboratory) dengan Pendekatan 5 M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasi) pada materi Hukum Archimedes. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA, ditemukan masalah terkait hasil belajar siswa rendah dikarenakan peserta didik kurang paham akan konsep pembelajaran yang disampaikan guru. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Digunakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Adapun langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu: Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Action), Pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflection). Dengan penelitian yang terdiri dari 2 siklus. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kemusu yang berjumlah 27 Siswa dengan rincian 10 Laki-laki dan 17 Perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan indikator keberhasilan dan ditandai dengan adanya peningkatan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Laboratorium Maya (Virtual Laboratory) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 2 Kemusu, pada materi Hukum Archimedes. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi diakhir pembelajaran. Pada siklus I terdapat 16 siswa atau 59,25% yang tuntas, dengan rata-rata kelas yaitu 77,9. Kemudian, pada siklus II peningkatan kembali terjadi dengan nilai yang cukup signifikan yaitu 25 siswa atau 92,59% dengan rata-rata kelas yaitu sebesar 88,8. Pada penelitian tindakan kelas ini tak hanya hasil belajar saja yang meningkat akan tetapi minat serta keaktifan peserta didik pun turut meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil angket respon peserta didik bahwasanya mereka menyukai Media Laboratorium Maya (Virtual Laboratory) dengan pendekatan 5 M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasi) yang diterapkan pada pembelajaran di kelas dengan ditunjukkan hasil persentase angket respon peserta didik sebesar 81% yang menyatakan setuju.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 19:53
Last Modified: 18 Jul 2022 13:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item