Penyelenggaraan Pendidikan Ajaran Rifa’iyah di Pondok Pesatren Roudhotul Muttaqin Desa Cempoko Mulyo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal

Afifah, Novita Nur (2016) Penyelenggaraan Pendidikan Ajaran Rifa’iyah di Pondok Pesatren Roudhotul Muttaqin Desa Cempoko Mulyo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AJARAN RIFA’IYAH DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL MUTTAQIN DESA CEMPOKO MULYO KECAMATAN GEMUH KA~1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Orgnisasi Rifa’iyah merupakan salah satu organisasi keagamaan yang ada di Indonesia. Organisasi Rifa’iyah lahir dari seorang ulama’ yang berani berjuang melawat penjajahan melalui gerakan keagamaan yang bernama Kiai Ahmad Rifa’i. Akan tetapi, hanya sedikit masyarakat Indonesia yang mengetahui Rifa’iyah. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bentuk penyelenggaraan pendidikan ajaran Rifa’iyah. Dan dalam penelitian ini peneliti menjadikan pondok pesantren Roudhotul Muttaqin sebagai objek penelitian. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) bagaimana isi dan metode pendidikan ajaran Rifa’iyah yang dilakukan di pondok pesantren Roudhotul Muttaqin? Apakah faktor penghambat dan pendukung penyelenggaraan pendidikan ajaran Rifa’iyah di pondok pesantren Roudhotul Muttaqin? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan datanya antara lain; observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Temuan ini menunjukkan bahwa (1) materi (isi) yang disampaikan dalam pendidikan ajaran Rifa’iyah di pondok pesantren Roudhotul Muttaqin sebagian besar adalah materi-materi yang bersumber dari kitab Tarjumah karangan Kiai Ahmad Rifa’i. (2) metode-metode penyelenggaraan pendidikan ajaran Rifa’iyah di pondok pesantren Roudhotul Muttaqin adalah sebagai berikut: sorogan, hafalan, ngaji bandongan, diskusi (musyawarah) dan, tukar pelajar (prifat pasanan). (3) sedang faktor yang menghambat dan mendukung penyelenggaraan pendidikan ajaran Rifa’iyah di pondok pesantren Roudhotul Muttaqin diantaranya adalah faktor penghambat: yang pertama semangat santri untuk mentutut ilmu mulai melemah, yang kedua kendala masalah ekonomi wali santri. Faktor pendukung: yang pertama banyak dari alumni yang mau kembali dan mengabdi di pondok, yang kedua dukungan dari masyarakat, organisasi Rifa’iyah dan, pemerintah baik berupa bantuan fisik dan non fisik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:13
Last Modified: 31 Mar 2017 08:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item