PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 1 MUATAN MATEMATIKA MATERI KONSEP DASAR PERKALIAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1 DI MI ARROSYAD BERGASLOR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hanif, Nuzulia (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 1 MUATAN MATEMATIKA MATERI KONSEP DASAR PERKALIAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA SISWA KELAS II SEMESTER 1 DI MI ARROSYAD BERGASLOR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NUZULIA HANIF 23040180014 revisi-3.pdf

Download (8MB)

Abstract

Hanif, Nuzulia. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema 2 Subtema 1 Muatan Matematika Materi Konsep dasar Perkalian Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Media Papan Pintar Pada Siswa Kelas II MI Arrosyad Bergaslor Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institus Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Sutrisna, M.Pd. Kata Kunci : Konsep Dasar Perkalian; Pendekatan CTL; Papan Pintar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran matematika khususnya pada pembahasan perkalian memiliki rata-rata kelas 62,75 dimana hanya 41% dari jumlah seluruh siswa yang tuntas (KKM). Permasalahan yang terjadi di kelas II berkenaan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika konsep dasar perkalian terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) metode yang digunakan belum tepat. (2) partisipasi siswa masih rendah. (3) Metode pengajaran guru monoton. (4) Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik tema 2 subtema 1 muatan matematika materi konsep dasar perkalian menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dengan media papan pintar pada siswa kelas II MI Arrosyad Bergaslor tahun pelajaran 2021/2022. Dalam jenis penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Kelas II MI Arrosyad Bergaslor yang terdiri dari 29 siswa, 21 perempuan dan 8 laki-laki. Mereka adalah siswa kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema 2 subtema 1 muatan matematika materi konsep dasar perkalian pada siswa kelas II MI Arrosyad Bergaslor Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil tes pada Siklus I dan Siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata skor dan persentase ketuntasan klasikal. Siklus I adalah 78,79 dan tingkat ketuntasan 62% (18 siswa) mencapai KKM. Siklus II memiliki skor 80,17 dan tingkat ketuntasan klasikal 86% (21 siswa) mencapai skor KKM.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 21:34
Last Modified: 19 Jul 2022 10:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item