ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN MENURUT POLYA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA BERKEMAMPUAN AKADEMIK TINGGI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sulistiana, Rika Dewi (2022) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN MENURUT POLYA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA BERKEMAMPUAN AKADEMIK TINGGI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
RIKA DEWI SULISTIANA 23070180058_PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya pada materi pola bilangan ditinjau dari jenis kelamin oleh siswa kelas VIII berkemampuan akademik tinggi SMP Negeri 1 Susukan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan berkemampuan akademik tinggi kelas VIII SMP Negeri 1 Susukan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan, sedangkan wawancara dilakukan untuk memperkuat hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah Polya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman diantaranya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/ verification. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik triagulasi, yakni dengan membandingkan data hasil tes dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa laki-laki berkemampuan akademik tinggi, tidak mampu memenuhi setiap indikator pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya. Terdapat siswa lakilaki yang kurang tepat dalam menentukan unsur yang diketahui sehingga hasil perhitungannya salah. Sedangkan siswa perempuan yang berkemampuan akademik tinggi, mampu memenuhi setiap indikator pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah Polya. Dimana siswa tersebut dapat memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan analisis data dari hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Susukan materi pola bilangan tahun pelajaran 2021/2022 menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 21:52
Last Modified: 20 Jul 2022 10:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14016

Actions (login required)

View Item View Item