PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, NON PERFORMING FINANCING (NPF) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO (FSR) DENGAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Fitri, Ali Fanisa Usfatul (2022) PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, NON PERFORMING FINANCING (NPF) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO (FSR) DENGAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
63010180164_Ali Fanisa Usfatul F .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bank sebagai salah satu penunjang perekonomian Indonesia diharuskan untuk keuangannya mengalami keberlanjutan. Keberlanjutan keuangan bank diukur dengan FSR. Rasio FSR dimanfaatkan untuk dapat mengetahui pertumbuhan suatu bank dan supaya dapat diketahui apakah bank itu mampu atau tidak dalam melanjutkan kinerja keuangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar, NPF dan FDR terhadap FSR pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2016-2021 dengan ROA sebagai variabel mediasi. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan populasi BUS yang terdaftar di OJK. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti sehingga ada 11 sampel yang digunakan dari 12 bank umum syariah. Maka diperoleh 66 data dari 11 sampel tersebut pada periode pengamatan (2016-2021). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji Panel Least Square menggunakan software pengolah data Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel inflasi, nilai tukar dan FDR tidak berpengaruh terhadap FSR bank syariah. Variabel NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap FSR. Variabel ROA berpengaruh positif signifikan terhadap FSR. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel inflasi, nilai tukar, dan FDR tidak berpengaruh terhadap ROA. Sedangkan variabel NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Menurut hasil penelitian ROA hanya mampu memediasi pengaruh NPF terhadap FSR.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 14:16
Last Modified: 21 Jul 2022 09:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item