PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH BERDASARKAN METODE RGEC TERHADAP PERTUMBUHAN LABA DENGAN UKURAN BANK SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021)

Saniyah, Isfaatun (2022) PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH BERDASARKAN METODE RGEC TERHADAP PERTUMBUHAN LABA DENGAN UKURAN BANK SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Isfaatun Saniyah - 63010180173 - Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kesehatan bank syariah berdasarkan metode RGEC terhadap pertumbuhan laba dengan ukuran bank sebagai variabel moderating (studi kasus pada bank umum syariah di Indonesia tahun 2016-2021). Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan data sekunder berbentuk data panel dari laporan keuangan tahunan dan laporan GCG yang dipublikasikan masing-masing website bank. Populasi dalam penelitian ini ialah 12 BUS dengan sampel yang diambil sebanyak 10 bank menggunakan teknik purposive sampling. Analisis Moderated Regression Analysis (MRA) digunakan untuk menganalisis data dengan alat bantu Eviews versi 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel RGEC yang diukur dengan Risk Profile (NPF dan FDR), Good Corporate Governance (GCG), Earning (ROA) dan Capital (CAR) memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hasil uji T memperlihatkan bahwa NPF berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba, FDR berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan laba, GCG berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba, ROA berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan laba, CAR berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hasil uji moderating menunjukkan bahwa ukuran bank mampu memoderasi NPF, FDR, ROA dan CAR terhadap pertumbuhan laba namun tidak dapat memoderasi GCG terhadap pertumbuhan laba.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 14:20
Last Modified: 19 Jul 2022 14:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14025

Actions (login required)

View Item View Item