PENERAPAN MODEL PEMBELAJAAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MTs AMAL SHOLEH GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Khusna, Elva Nurul (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJAAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MTs AMAL SHOLEH GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ELVA NURUL KHUSNA 23060180035.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khusna, Elva Nurul. 2022. Penerapan Model Pembelajaan Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Berpikir Tingkat Tinggi; Search, Solve, Create, and Share (SSCS); Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII pada materi sistem pernapaan manusia di MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah dari PTK yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B MTs Amal Sholeh Getasan dengan jumlah 19 siswa. Instrument penelitian yang digunakanan dalam penelitian ini yaitu RPP, lembar observasi siswa dan guru, lembar angket respon siswa, dan lembar soal. Siswa dikatakan tuntas jika ketuntatasan individu mencapai ≥ 72, dan indikator keberhasilan kelas jika siswa yang tuntas ≥ 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat siswa rata-rata kelas 2,26 dengan persentase 75%. Sedangkan pada siklus II kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa memiliki nilai rata-rata kelas sebesar 2,75 dengan persentase 91,67%. Dan pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 55 berkategori cukup dengan jumlah siswa tuntas 4 dan 15 siswa tidak tuntas, dimana persentase keberhasilan 21% belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentutan. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 76,84 berkategori baik dengan jumlah siswa tuntas 17 dan 2 siswa yang tidak tuntas, persentase ketuntasan mencapai 89% dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Itu membuktikan bahwa penerapan model Pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII pada materi sistempernapasan manusia di MTs Amal Sholeh Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 17:36
Last Modified: 19 Jul 2022 17:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item