PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR TEMA 6 SUBTEMA 2 MELALUI METODE INDEX CARD MATCH BERBANTU MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS 1A SEMESTER 2 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TELADAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Billah, Zyedan Imania (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR TEMA 6 SUBTEMA 2 MELALUI METODE INDEX CARD MATCH BERBANTU MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS 1A SEMESTER 2 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TELADAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ZYEDAN IMANIA BILLAH 23040180117 .pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Zyedan Imania Billah. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Tema 6 Subtema 2 Melalui Metode Index Card Match Berbantu Media Kartu Bergambar Siswa Kelas 1A Semester 2 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Teladan Kota Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Insitut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Bangun Datar, Metode Index Card Match,Media Kartu Bergambar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar melalui metode index card match berbantu media kartu bergambar pada siswa kelas IA semester II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Teladan Kota Magelang tahun pelajaran 2021/2022. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IA yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai 4 tahapan yaitu, perencanaan,pelaksanaan,pengamatan,dan refleksi. Penelitian kali ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui soal tes di akhir pembelajaran. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa metode index card match berbantu media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IA semester II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Teladan Kota Magelang.Dengan bukti bahwa, hasil 31,6% (6 siswa) yang tuntas, sedangkan 68,5% (13 siswa) belum tuntas. Selanjutnya pada penelitian siklus I 79% (15 siswa) yang sudah tuntas, sedangkan 21% (4 siswa) belum tuntas. Pada siklus II 94,7% (18 siswa) yang sudah tuntas, sedangkan 5,3% (1 siswa) yang belum tuntas. Siswa yang mencapai nilai KKM ≥ 72 dari siswa keseluruhan mencapai 94,7%. Siklus ini dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan ≥ 85%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 17:55
Last Modified: 19 Jul 2022 11:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item