PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA BERBANTU MEDIA PAPAN JARI HITUNG MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH WONOTORO DUSUN WONOTORO DESA CATUR KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI

musyayadah, Aghni khofifah (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA BERBANTU MEDIA PAPAN JARI HITUNG MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH WONOTORO DUSUN WONOTORO DESA CATUR KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AGHNI KHOFIFAH MUSYAYADAH 23040180115.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Musyayadah, Aghni Khofifah. 2022. Peningkatan Keterampilan Berhitung Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Berbantu Media Papan Jari Hitung Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa kelas 1 Di MI Wonotoro Kabupaten Boyolali.Skripsi. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si Kata Kunci: Keterampilan Berhitung, Metode Jarimatika, Media Papan Jari Hitung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berhitung dengan menggunakan metode jarimatika berbantu media papan jari hitung materi penjumlaham dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 1 di MI Wonotoro Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, tes tertulis, dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 di MI Wonotoro Kabupaten Boyolali yang berjumlah 11 siswa terdiri dari 6 laki-laki dan 5 perempuan. Instrumen peneliti yang digunakan meliputi Lembar observasi, lembar soal tertulis, dan dokumentasi. Analisi data yang dilakukan yaitu dengan membandingkan antara skor nilai siswa dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu 7,0 dan ditandai dengan adanya peningkatan kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai diatas KKM. Hasil Penelitian ini meunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berhitung dengan menggunakan metode jarimatika berbantu media papan jari hitung materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 1 di MI Wonotoro Kabupaten Boyolali. Dengan bukti, bahwa,hasil pra siklus sebelum menggunakan metode jarimatika berbantu media papan jari hitung hanya 4 (36%) siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM), dan terdapat 7 (64%) siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai rata-rata kelas 63. Pada penelitian siklus I terdapat 6 (55%) siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM), dan 5 (45%) siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai rata-rata kelas 69. Pada Siklus II terdapat 10 (91%) siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM), dan 1 (9%) siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM), dengan nilai rata-rata kelas 79. Berdasarkan peningkatan dari siklus ke siklus dapat disimpulkan bahwa, peningkatan pra siklus ke siklus I sebesar 19% dan siklus I ke siklus II sebesar 36%

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 18:48
Last Modified: 19 Jul 2022 18:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item View Item