PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ARROSYAD BERGASLOR KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Pertiwi, Putri Aulia (2022) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ARROSYAD BERGASLOR KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AULIA P 23040180084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas V MI Arrosyad Bergaslor Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022 dengan pembelajaran problem based learning berbantu media diorama, (2) mengetahui pengaruh penggunaan problem based learning berbantu media diorama terhadap hasil belajar IPA materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas V MI Arrosyad Bergaslor Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya beda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V Al Basith memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 62,40 dan posttest sebesar 82,77. Berdasarkan data tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 20,37. Hal ini dibuktikan dengan uji Paired Sample T Test diperoleh nilai (thitung 11,598 ttabel 2,048) dan nilai signifikansi (Pvalue 0,000 0,05), berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan problem based learning berbantu media diorama terhadap hasil belajar IPA materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem pada siswa kelas V MI Arrosyad Bergaslor Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 19:43
Last Modified: 19 Jul 2022 12:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item