PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP N 1 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Rofilia, Maulina (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP N 1 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NASKAH SKRIPSI MAULINA ROFILIA 23070180008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP N 1 Pringapus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi penyajian data. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VII C saat PTS (Penilaian Tengah Semester) 1 dan menjadikannya kelas dengan rata-rata nilai matematika terendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VII C SMP N 1 Pringapus tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, LKPD, observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data secara deskriptif. Hasil analisis penelitian secara deskriptif menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP N 1 Pringapus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi penyajian data melalui tahapan student creative dan team study. Pada tahap student creative, peserta didik akan mencoba menyelesaikan permasalahan/soal berdasarkan kemampuan dan pemahamannya, sementara pada tahap team study, peserta didik akan menunjukkan hasil belajarnya dan didiskusikan bersama kemudian kerja sama dalam kelompok akan terbentuk sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP N 1 Pringapus tahun ajaran 2021/2022 pada materi penyajian data. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan peserta didik 52,94% atau 18 peserta didik yang tuntas dengan rata-rata hasil belajar 79,85 dan pada siklus II jumlah ketuntasan belajar meningkat menjadi 82,35% atau 28 peserta didik dengan rata-rata hasil belajar 87,79. Sementara itu, hasil angket respon peserta didik juga menunjukkan hasil 74,74% yang berarti bahwa peserta didik setuju atau suka menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 20:03
Last Modified: 19 Jul 2022 20:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item