PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI IKLAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V MI KHOZINATUL ‘ULUM BLORA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Musthafidah, Siti (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI IKLAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V MI KHOZINATUL ‘ULUM BLORA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI -Siti Musthafidah-23040180033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Musthafidah, Siti. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Iklan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas V MI Khozinatul ‘Ulum Blora Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. IAIN Salatiga. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dosen Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, dan Model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi iklan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas V MI Khozinatul ‘Ulum di Kabupaten Blora tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian Tindakan Langsung (PTK) ini dilaksanakan melalui dua siklus pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas V C MI khozinatul ’Ulum di Kabupaten Blora dengan jumlah keseluruhan 29 siswa, dengan 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Metode pengumpulan data meliputi lembar observasi dan lembar soal tes. Data diolah secara statistik melalui hasil persentase, apabila rata-rata nilai kelas sudah mencapai lebih dari sama dengan 85% (≥ 85%). Hasil belajar siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,5. Persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 58,6% dengan jumlah siswa yang tuntas 17 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas terhitung 12 siswa dengan persentase 41,4%. Setelah siklus I, dilakukanlah penelitian siklus II dan ditemukan adanya peningkatan menjadi 86,25% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas hanya 4 siswa dengan persentase 13,8% dan nilai rata-rata pada siklus II ini mencapai 78,8.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 20:34
Last Modified: 19 Jul 2022 20:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14044

Actions (login required)

View Item View Item