EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 WONOSEGORO TAHUN 2022

amini, siti nur khofifah (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 WONOSEGORO TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Siti Nur Khofifah Amini 23080180003.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Amini. S. N. Khofifah. 2022. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Reinforcement Positif untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Peserta Didik di SMK Negeri 1 Wonosegoro. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Reinforcement Positif, Tanggung Jawab Peserta Didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendiskripsikan tanggung jawab peserta didik sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif di SMK Negeri 1 Wonosegoro. 2) untuk menganalisis efektifitas layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam meningkatkan tanggung jawab peserta didik di SMK Negeri 1 Wonosegoro. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain eksperiment yaitu pre-eksperimental design one group pretest-posttest. Pelaksanaan dalam kegiatan konseling kelompok ini yaitu dilakukan secara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan adanya kriteria dan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Wonosegoro yang memiliki kategori tanggung jawab rendah. Teknik dalam layanan konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement positi. Dilanjutkan dengan pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumentasi pada subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab peserta didik sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif memiliki tanggung jawab rendah, kemudian tanggung jawab peserta didik setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif mengalami peningkatan menjadi tinggi, hal ini dibuktikan dari hasil pretest dan posttest yang mana pretest menunjukkan skor rata-rata 82,5 dan posttest menunjukkan skor rata-rata 127,5. Kemudian pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif efektif untuk meningkatkan tanggung jawab peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan pretest dan posttest, yang mana pretest menunjukan skor ratarata 82,5 sedangkan posttest menunjukan skor rata-rata 127,5 maka dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif sehingga layanan tersebut efektif. Selain itu juga dibuktikan melalui uji sampel paired test dengan diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Hₒ ditolak dan Hₐ diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 20:57
Last Modified: 19 Jul 2022 14:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14045

Actions (login required)

View Item View Item