PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING VIA DRAGONLEARN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 4 DI MI PLUS SUNAN GUNUNG JATI PLUMBON KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ningsih, Ika Kurnia (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING VIA DRAGONLEARN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 4 DI MI PLUS SUNAN GUNUNG JATI PLUMBON KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ningsih, Ika, Kurnia. 2022. Penerapan Pembelajaran Daring via Dragonlearn pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV di MI Plus Sunan Gunung Jati Plumbon Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti,.M.Si. Kata Kunci: Penerapan; Dragonlearn; Pembelajaran Daring; Mata Pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Dragonlearn, mengetahui kendala yang di alami, kelebihan dan upaya yang di lakukan oleh pihak sekolah pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas IV di MI Plus Sunan Gunung Jati Plumbon Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, kategorisasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi dan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Guru dan kepala madrasah serta orang tua sama sama terlibat dalam perencanaan pembelajaran 2) Kelebihan aplikasi Dragonlearn adalah mudah di pelajari, menarik minat siswa untuk belajar matematika. Kekurangan aplikasi Dragonlearn: menggunakan data seluler yang aktif, dan sinyal yang penuh.3) Kendala yang dialami adalah: siswa tidak mempunyai kuota dan handphone pribadi. 4) Upaya yang di lakukan guru yaitu memberikan kelonggaran siswa agar dapat mengerjakan soal dengan maksimal,memberi bantuan kuota selama 3 bulan sekali dari Madrasah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 21:29
Last Modified: 19 Jul 2022 14:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item