ANALISIS KUALITAS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KALIBANGER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

LUTFINA, ARIFATUL (2022) ANALISIS KUALITAS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KALIBANGER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ARIFATUL LUTFINA SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lutfina, Arifatul. 2022. Analisis Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Muhammadiyah Kalibanger Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si, M.Si Kata Kunci: Analisis Kualitas Soal, Penilaian Akhir Semester Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal Penilaian Akhir Semester pada mata pelajaran Matematika kelas V di MI Muhammadiyah Kalibanger tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan data yang dihasilkan berupa angka yang dianalisis sehingga menghasilkan temuan baru. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis dalam penelitian ini meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh yang dihitung dengan menggunakan program komputer yaitu IBM SPSS Statistics versi 25 serta dihitung manual menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa pada soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Matematika kelas V MI Muhammadiyah Kalibanger tahun pelajaran 2021/2022 secara umum soal dikategorikan sebagai tes yang baik. Hasil analisis yang diperoleh yaitu soal memiliki validitas yang cukup dengan 60% soal dinyatakan valid, soal cukup reliabel dengan 100% soal memiliki nilai reliabilitas diatas 0,40, tingkat kesukaran soal tergolong baik, karena 56% soal memiliki tingkat kesukaran yang sedang. Daya pembeda soal tergolong rendah karena sebagian besar soal memiliki daya pembeda yang tidak baik dan jelek, serta fungsi pengecoh soal memiliki efektivitas soal yang baik karena 80% dari keseluruhan soal bentuk pilihan ganda dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 22:13
Last Modified: 19 Jul 2022 15:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item