PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT TAHUN AJARAN 2021/2022

Rosyada, Saila Min Amrina (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Saila Min Amrina Rosyada 23070180056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing kelas VII, bagaimana hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional kelas VII, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII, untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling yaitu kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan independent sample t test dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing membantu proses pembelajaran siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen 91 dan rata-rata posttest kelas kontrol 85,9. Kemudian dari hasil uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05, juga dibuktikan dimana thitung > ttabel (2,061 > 2,037) maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji regresi linear sederhana menyatakan bahwa terdapat pengaruh sebesar 23,8% antara dua variabel dengan nilai signifikan sebesar 0,047. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:19
Last Modified: 20 Jul 2022 00:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

View Item View Item