PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU 3 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Maula, Fi'Inayatil (2022) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU 3 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FI'INAYATIL MAULA FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Variasi self-efficacy; 2) Variasi minat belajar; 3) Variasi hasil belajar; 4) Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika; 5) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika; 6) Pengaruh self-efficacy dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post- facto. Penelitian ini bersifat asosiatif kausal dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dua atau lebih variabel independen terhadap satu variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 3 Grabag. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, kemudian diputuskan kelas VIII A sebagai kelas uji coba dengan jumlah siswa sebanyak 34 dan kelas yang sebagai sampel adalah kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) Variasi self-efficacy siswa kelas VIII tergolong sedang dengan presentase sebanyak 67,6%; 2) Variasi minat belajar siswa kelas VIII tergolong sedang dengan presentase sebanyak 55,9%; 3) Variasi hasil belajar matematika siswa kelas VIII dengan presentase sebanyak 26,55%; 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari self-efficacy terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,849, koefisien determinasi sebesar 0,721, thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan df 32 yaitu (9,087>1,694); 5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,858, koefisien determinasi sebesar 0,736, thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan df 32 yaitu (9,454>1,694); 6) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama- sama self-efficacy dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,886, koefisien determinasi sebesar 0,784, Fhitung > Ftabel dengan taraf signifikansi 5% dan df 31 yaitu (56,323>3,30).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 12:18
Last Modified: 20 Jul 2022 12:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item View Item