PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI METODE NATURE LEARNING PADA SISWA KELAS IV MIN 8 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Zahra, Aulia Indy Nurviana (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI METODE NATURE LEARNING PADA SISWA KELAS IV MIN 8 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AULIA INDY NURVIANA ZAHRA 23040180062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Nature Learning dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas IV MIN 8 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan lembar pengamatan. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan cara pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditunjukkan bahwa penerapan metode Nature Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil prasiklus sebelum menerapkan metode Natrure Learning hanya 4 siswa (17,4%) yang memenuhi KKM. Sedangkan 19 siswa (82,6%) belum memenuhi KKM, kemudian meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa sebanyak 9 siswa (39,1%) mencapai KKM, dengan nilai rata-rata 60,4 sedangkan pda siklus II ada sebanyak 20 siswa (86,9%) yang tuntas, dengan nilai rata-rata 70,6. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan (47,8%)

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 16:50
Last Modified: 22 Jul 2022 13:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item