PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS MEDIA RUBIK’S CUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KUBUS SISWA SMP NEGERI 4 UNGARAN

SIDIK, ANGGA KHOIRUL (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS MEDIA RUBIK’S CUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KUBUS SISWA SMP NEGERI 4 UNGARAN. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ANGGA KHOIRUL SIDIK (23070180036).pdf

Download (7MB)

Abstract

Abstrak Sidik, Angga Khoirul. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Dengan Metode Penemuan Terbimbing Berbasis Media Rubik’s Cube Untuk Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Kubus Siswa SMP Negeri 4 Ungaran. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci :Double Loop Problem Solving; Penemuan Terbimbing; Rubrik`s Cube; Pemecahan Masalah; Kubus Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dengan metode Penemuan Terbimbing berbasis media Rubik’s Cube pada materi kubus siswa SMP N 4 Ungaran. Permasalahan pembelajaran salah satunya sebanyak 70,29 % peserta didik kelas VIII B hasil belajar masih dibawah KKM dengan rata-rata nilai satu kelas 54,9, disebabkan karena lemahnya keamapuan pemecahan masalah matematis siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas VIII B sebanyak 34 siswa dengan komposisi 18 laki-laki dan 16 perempuan, sedangkan data sekunder diperoleh dari Kepala SMP N 4 Ungaran, guru mata pelajaran, dan administrasi SMP N 4 Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi siswa dan guru, uji post test, lembar angket respon siswa, dokumentasi proses pembelajaran, dan catatan lapangan. Analisis data dibagi menjadi dua analisis data observasi dianalisis secara kualitatif diskriptif, sedangkan analisis hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran DLPS dengan metode penemuan terbimbing berbasis media rubrik cube dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 4 Ungaran, pada materi bangun ruang kubus. Peningkatan ini dapat di ketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran diakhir proses kegiatan belajar mengajar. Pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai indikator keberhasilan ≥ 75 (T) sebanyak 25 siswa atau 73,53 % dari 100% dan yang dibawah indikator keberhasilan ≤ 75 (T) sebanyak 9 siswa atau 26,47 % dari 100% dengan nilai rata-rata 77,15. Sementara itu, terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 30 siswa mencapai indikator atau 88,24 % dari 100% dan yang tidak mencapai indikator sebanyak 4 siswa atau 11,76 % dari 100% dengan nilai rata-rata 86,24. Sedangkan, hasil angket respon siswa menyatakan mereka menyukai model pembelajaran Double Loop Problem Solving dengan metode penemuaan terbimbing berbasis media rubrik cube yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan ditunjukkan hasil persentase angket respon peserta didik sebesar 81% mereka sangat setuju/suka digunakan dalam proses belajar dan mengajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2022 16:38
Last Modified: 21 Jul 2022 13:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item