PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KURAIH KEHIDUPAN AKHIRAT DENGAN MENJAUHI GAYA HIDUP MATERIALISTIK, HEDONIS, DAN KONSUMTIF MENURUT QS.AL-A’LA MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE DAN MEDIA STRIP STORY KELAS VIII E MTS AL USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

, Anggiana Prabandari (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KURAIH KEHIDUPAN AKHIRAT DENGAN MENJAUHI GAYA HIDUP MATERIALISTIK, HEDONIS, DAN KONSUMTIF MENURUT QS.AL-A’LA MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE DAN MEDIA STRIP STORY KELAS VIII E MTS AL USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANGGIANA PRABANDARI 23010180040.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Drill and Practice dan Media Strip Story dapat meningkatkan hasil belajar materi Kuraih Kehidupan Akhirat Dengan Menjauhi Gaya Hidup Materialistik, Hedonis, dan Konsumtif Menurut Q.S Al-A’la Kelas VIII E MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Subyek penelitian ini terdiri dari 33 peserta didik, yaitu 11 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di MTs Al Uswah Bergas, penerapan metode drill and practice dan media strip story dapat meningkatkan hasil belajar materi Kuraih Kehidupan Akhirat Dengan Menjauhi Gaya Hidup Materialistik, Hedonis, dan Konsumtif Menurut Q.S Al-A’la Kelas VIII E MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari presentase hasil belajar yang meningkat dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas 52% atau sebanyak 17 siswa dari 33 siswa. Pada siklus I presentase peserta didik yang tuntas adalah 64% atau sebanyak 21 siswa dari 33 siswa. Kemudian pada siklus II presentase peserta didik yang tuntas adalah 97% siswa telah mencapai KBM. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa antara pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan yang pada awalnya hasil belajar siswa relatif rendah dapat mengalami kenaikan secara signifikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2022 17:51
Last Modified: 21 Jul 2022 17:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

View Item View Item