Nilai-nilai Pendidikan Tauhid dalam Kitab ‘Aqidatul Awam Karya Sayid Ahmad Al-Marzuki

Maghfiroh, Syarifatun Nurul (2016) Nilai-nilai Pendidikan Tauhid dalam Kitab ‘Aqidatul Awam Karya Sayid Ahmad Al-Marzuki. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SYARIFATUN NURUL M 111-12-092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sayid Ahmad Al-Marzuki adalah seorang ulama yang terkenal. Salah satu kitabnya adalah ‘Aqidatul Awam, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan tauhid menurut Sayid Ahmad Al-Marzuki dalam kitab ‘Aqidatul Awam. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah sistematika penulisan kitab ‘Aqidatul Awam karya Sayid Ahmad Al-Marzuki (2) Apa nilai tauhid dalam kitab ‘Aqidatul Awam karya Sayid Ahmad Al-Marzuki (3) Bagaimanakah signifikansi pendidikan tauhid dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab ‘Aqidatul Awam, sumber sekundernya adalah terjemahannya dan sumber tersiernya adalah kitab-kitab dan buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deduktif dan metode induktif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab ‘Aqidatul awam karya Sayid Ahmad Al-Marzuki masih relevan dari pendidikan dahulu sampai pendidikan sekarang, sistematika yang dipakai dalam penulisan kitab ini adalah tematik, yang penulisannya dari satu pasal ke pasal lain berdasarkan jumlah aqoid nadhom dan pokok masalah yang terkandung didalamnya. karena terdapat banyak sekali keterangan yang membahas tentang pendidikan tauhid yang tidak diragukan jika dijadikan rujukan pokok ajaran dalam Islam. Tanpa mengetahui pendidikan tauhid, kita tidak akan menemukan tujuan hidup sebenarnya.Adapun nilai pendidikan tauhid yaitu pendidikan keimanan dimana keimanan sendiri terdiri dari keimanan kepada Allah, kepada Malaikat, kepada kitab-kitab, kepada Rasul, kepada hari Akhir serta keimanan kepada qadha dan qadar. Adapun signifikansi Pendidikan Tauhid dalam kehidupan sehari-hari dari sifat-sifat Allah SWT merupakan pintu menuju kesuksesan hidup di dunia maupun akhirat, dan sebagai acuan dalam menciptakan akhlakul karimah, disamping itu dengan mengimplementasikan sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari dapat mempermudah hubungan sosial baik dalam urusan agama maupun antar masyarakat, serta sesuai syar’i dan norma-norma yang berlaku di masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:17
Last Modified: 06 Apr 2017 02:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item