ANALISIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) DALAM BUKU SISWA SMP/MTS KELAS VIII MATA PELAJARAN IPA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 SEMESTER 1

maula, minchatul (2022) ANALISIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) DALAM BUKU SISWA SMP/MTS KELAS VIII MATA PELAJARAN IPA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 SEMESTER 1. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
MINCHATUL MAULA-T.IPA (23060170102).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ruang lingkup Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) dalam buku siswa SMP/MTs kelas VIII mata pelajaran IPA Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 semester 1. Jenis penelitian ini adalah Studi Pustaka. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku teks siswa mata pelajaran IPA SMP/MTs kelas VIII Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 semester 1 terbitan Kementrian Pendidikan dan kebudayan. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi atau dokumen (content or document analysis) dengan menggunakan instrument lembar analisis ruang lingkup STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang lingkup STEM pada buku siswa tersebut didominasi oleh aspek Science, dimana Aspek Science rata-rata kemunculannya sebesar 79,35%, Technology sebesar 5,17% dengan persentase terendah dibanding dengan aspek Science, Engineering dan Mathematics. Aspek Engineering rata-rata kemunculannya sebesar 7,09% dan aspek Mathematics kemunculannnya paling bayak nomor dua setelah Science yaitu rata-rata persentasenya sebesar 8,39%. Berdasarkan kesepakatan dua validator menggunakan uji kappa dengan aplikasi SPSS yang menunjukkan nilai 0,714 dengan taraf signifikan bernilai 0,000 menunjukkan hasil yang baik. Dapat disimpulkan bahwa pada buku siswa tersebut sudah mencakup STEM akan tetapi penyebarannya belum seimbang.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 13:53
Last Modified: 22 Jul 2022 13:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item