ANALISIS ISI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK PELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DITINJAU DARI INDIKATOR CRITICAL THINKING SKILLS

SAFITRI, DEWI (2022) ANALISIS ISI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK PELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DITINJAU DARI INDIKATOR CRITICAL THINKING SKILLS. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Dewi Safitri 23060180085.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Dewi, 2022. Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik Pelajaran IPA Kelas VII Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Ditinjau dari Indikator Critical Thinking Skills. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing : Dr. Eni Titikusumawati, S. Pd., M. Pd. Kata kunci : Analisis, Buku Sekolah Elektronik IPA, Indikator Keterampilan Berpikir Kritis. Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis isi BSE pelajaran IPA kelas VII semester 1 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ditinjau dari indikator keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik pelajaran IPA kelas VII semester 1 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Sedangkan sumber data sekunder penelitian ini adalah penelitian sebelumnya yang terkait dengan keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi IPA yang terdapat pada buku sekolah elektronik IPA Kelas VII semester 1 memiliki ruang lingkup yang lebih berorientasi pada indikator strategi dan taktik, dan ruang lingkup yang sangat rendah pada indikator penjelasan lebih lanjut. Penyajian cakupan indikator keterampilan berpikir kritis pada isi buku yang dianalisis sudah baik dengan persentase 62,5% atau kategori baik. Hasil persentase cakupan masing-masing indikator yaitu : indikator elementary clarification 18,66%, indikator basic support 12%, indikator inference 16%, indikator advanced clarification 6,67%, dan indikator strategies and tactics 46,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawa pada Buku Sekolah Elektronik tersebut sudah mencakup indikator keterampilan kritis, tetapi kemunculannya didominasi oleh indikator strategies and tactics saja dibanding keempat indikator lainnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 16:31
Last Modified: 22 Jul 2022 09:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item