PENGEMBANGAN MODEL PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS LEARNING CLINIC PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DARI MASA HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA

MAHMUDI, ALI (2022) PENGEMBANGAN MODEL PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS LEARNING CLINIC PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DARI MASA HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_Ali Mahmudi_ 12020190024-perpus.pdf

Download (5MB)

Abstract

“Pengembangan Model Pendampingan Pembelajaran Daring Berbasis Learning Clinic Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah dari Masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia ” Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model Pendampingan Pembelajaran Daring Berbasis Learning Clinic mata pelajran IPS bagi guru kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) di MI NU Al Huda 02 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan model menggunakan tahapan pokok yaitu pendahuluan, desain dan pengembangan, Validasi. Sumber data berupa dokumentasi kinerja pendampingan pembelajaran oleh guru, angket, observasi, wawancara, ujicoba model. Subjek penelitian yaitu siswa, Guru dan Kepala Madrasah. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan pembelajaran daring berbasis Learning Clinic sangat penting dan dibutuhkan terbukti banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran karena keterbatasan interaksi dan komunikasi dengan guru sehingga nilai hasil belajarnya rendah raata-rata 67,33 atau dibawah nilai KKM sebesar 75,00 dan belum ada model pembelajaran daring berbasis Learning Clinic yang dapat membantu kesulitan belajar siswa. Berdasarkan Hasil uji coba terbatas dan uji coba diperluas terhadap penggunaan produk didiskripsikan terdapat peningkatan kualitas kemampuan guru dalam melaksanakan pendampingan sebesar 27,50 dari uji coba terbatas 60,00% naik menjadi 84,50% sehingga produk dapat dikategorikan efektif dan layak digunakan sebagai panduan oleh guru kelas V. Produk pengembangan berupa Buku Panduan Pendampingan pembelajaran berbasis Learning Clinic. Hasil uji kelayakan buku panduan dari pakar dan praktisi diperoleh nilai 83,33 dalam kategori sangat layak. Uji efektifitas dengan uji t SPSS Paired sample Test dalam peningkatan hasil belajar siswa dari data pretest dan posttest diperoleh t hitung 7.434, sedangkan p=0.00<0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil tersebut ada perbedaan yang signifikan yang nyata antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Artinya Pengembangan Model pendampingan pembelajaran berbasis Learning Clinic efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa MI NU Al Huda 02 Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 17:27
Last Modified: 22 Jul 2022 17:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14132

Actions (login required)

View Item View Item