PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO WEBHOST PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

ISTIATI, NADIA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO WEBHOST PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Nadia Istiati 12020190010 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran video webhost pada materi sistem pencernaan manusia, mendiskripsikan bentuk pengembangan media pembelajaran berbasis video webhost pada materi sistem pencernaan manusia dan untuk mengetahui efektifitas terhadap hasil belajar siswa secara kognitif dalam materi sistem pencernaan manusia di MIS Nurul Huda Klangon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Nurul Huda Klangon desa Kembang, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menunggunakan model ADDIE dengan Analysis, Design, Development, Imolementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes. Uji skala terbatas dilakukan di kelas V A dengan jumlah siswa 15 siswa dan uji skala luas dilaksanakan di kelas V dengan jumlah siswa 31 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Anova, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebutuhan pengembangan media webhost sangat dibutuhkan untuk siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.(2) Pengembangan media webhost valid berdasarkan validasi ahli, validasi media dan guru. Untuk ahli materi dengan presentase 93,75% kategori sangat layak, untuk ahli media adalah 89,23% kategori sangat layak. (3) Hasil pengembangan media webhost sangat efektif berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan dengan meningkatkan hasil kognitif belajar siswa dengan Uji normalitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berdistribusi normal dengan bukti bahwa > untuk pretest 0,001 < 0,050 dan 0,151 pada post test. Uji homogenitas menunjukkan bahwa > α yaitu = 0,248> 0,005 yang artinya adalah hasil belajar memiliki varian yang homogen. Tabel anova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa (F = 12,105, p < 0,05), yang menjelaskan bahwa data adalah homogen. Untuk hasil perbedaan rata-rata (Uji t) menunjukkan bahwa < α yaitu = 0,00< 0,005 sehingga Ditolak dan diterima, yang menjelaskan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa. Uji Gain menunjukkan bahwa batasan 0,3 < g ≤ 0,7, dengan selisih antara pre test dan post test sebesar 13,23. Nilai Gain sebesar 0,422 termasuk kedalam kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 17:39
Last Modified: 22 Jul 2022 17:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item