EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTS N 10 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Musyafira, Fika Indah (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTS N 10 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII MTsN 10 Ngawi dengan sampelnya adalah peserta didik kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIB sebagai kelas eksperimen sebanyak 68 peserta didik. Teknik pengambilan sampel mengunakan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis melalui uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test, uji independen sample t- test dan uji N-gain. Hasil uji prasyarat menunjukan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji one sample t-test diperoleh hasil 0,067 sehingga sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa H_0 diterima dan H_1ditolak yang berarti nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sama dengan 75. Kemudian dianalisiss menggunakan uji independen sample t- test diperoleh hasil (sig) 0.00 sehingga sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa H_1 diterima dan H_0 ditolak yang berarti hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan LKPD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Ekpositori menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan LKPD efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII MTs 10 Ngawi tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan uji N-gain diperoleh nilai sebesar 76,67% yang termasuk dalam kategori efektif (>75%). Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 20:54
Last Modified: 10 Aug 2022 09:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item