PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Astuti, Anies Renggi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pencapaian ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MI Ma’arif Sraten secara klasikal sebesar 30,76% dengan rata-rata nilai 60,8. Pencapaian nilai tersebut masih di bawah standar kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70, maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan siswa kelas V MI Ma’arif Sraten tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media flashcard. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MI Ma’arif Sraten, sebanyak 13 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan analisis dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan hasil belajar siswa dan hasil pengamatan guru dan siswa selama pembelajaran di kelas. Adapun hasil penelitian menunjukkan pencapaian ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 8 siswa (61,5%) dengan nilai rata-rata 68,4. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 12 siswa (92,3%) dengan nilai rata-rata 78,46. Berdasarkan data pada penelitian siklus II Indikator keberhasilan secara individual telah tercapai yaitu dengan rata-rata nilai ≥70 serta indikator keberhasilan secara klasikalmya juga telah tercapai yaitu sebesar ≥85%, sehingga siklus dinyatakan berhasil dan dapat dihentikan. Kesimpulannya bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media flashcard pada pembelajaran IPA materi penggolongan hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Sraten tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2022 02:44
Last Modified: 01 Aug 2022 10:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14152

Actions (login required)

View Item View Item