HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KUNINGAN KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022

Gunadi, Rana Rizqina (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KUNINGAN KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Rana Rizqina Gunadi 23040180048 fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas IV di MI Negeri 2 Kuningan, 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di MI Negeri 2 Kuningan, 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar matematika kelas IV di MI Negeri 2 Kuningan. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kuantitatif. Responden penelitian ini yaitu siswa kelas IV. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil angket atau kuesioner siswa dan dan sumber primer diperoleh melalui dokumen nilai raport semester ganjil. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan rumus korelasional pengaruh, digunakan analisis statistik regrasi linier sederhana. Subjek penelitian 51 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Diperoleh nilai kecerdasan emosional rata-ratanya sebesar 45,55 median sebesar 45 dan modus sebesar 46 dengan standar deviasinya sebesar 2,212. Dari rata-rata tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional peserta didik kelas IV MIN 2 Kuningan termasuk dalam katagori sedang dengan persentase 66%, 2) Diperoleh nilai hasil belajar rata-ratanya sebesar 78,35 median sebesar 77 dan modus sebesar 77 dengan standar deviasinya sebesar 5,063. Dari rata-rata tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 2 Kuningan termasuk dalam katagori sedang dengan persentase 80%, 3) Terdapat hubungan yang signifikan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MIN 2 Kuningan Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Hal ini dilihat dari hasil analisis menggunakan uji korelasi membuktikan bahwa pearson correlation antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika peserta didik sebesar 0,629, maka variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika peserta didik memiliki korelasi kuat. Dan signifikasi antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika peserta didik sebesar 0,000 (sig<0,005), maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kecerdasan emosional dengan hasil belajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 16:05
Last Modified: 25 Jul 2022 16:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item