Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Small Group Discussion Menggunakan Media Domino Matematika terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Segi empat di kelas VII SMP N 2 SEDAN kabupaten Rembang tahun ajaran 2021/2022

masruhah, siti (2022) Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Small Group Discussion Menggunakan Media Domino Matematika terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Segi empat di kelas VII SMP N 2 SEDAN kabupaten Rembang tahun ajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Siti Masruhah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masruhah, Siti. 2022. Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Small Group Discussion Menggunakan Media Domino Matematika terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Segi Empat di Kelas VII SMP N 2 Sedan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc Kata Kunci: Small Group Discussion dan Domino Matematika Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Small Group Discussion Menggunakan Media Domino Matematika terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Segi Empat di Kelas VII SMP N 2 Sedan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain Quasi Experiment One-Group Pretest-Postest Design. Peneliti menggunakan uji hipotesis dengan bantuan IMB SPSS Statistics 25 for Windows yaitu menggunakan uji t berpasangan (Two Paired Sampel Test). Dengan populasi kelas VII SMP N 2 Sedan dan sampelnya diambil menggunakan tehnik purposive sampling, sehingga didapatkan kelas VII A sebagai sampel. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode tes, metode angket dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis dengan sig.(2 tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifian antara nilai sebelum dan sesudah treatmentsehingga Ha diterima. Pada uji hipotesis soalpretest dan postest diperoleh t hitung sebesar 8,368. Dan untuk uji hipotesis angket motivasi t hitung sebesar 10,009. Dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis menunjukkan bahwa 8,368 > 1,74 dan 10,009> 1,74. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Small Group Discussionmenggunakan media domino matematika efektif digunakan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 16:18
Last Modified: 25 Jul 2022 09:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14160

Actions (login required)

View Item View Item