PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF GLOBAL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Puspita, Elisa Dina (2022) PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF GLOBAL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ELISA DINA PUSPITA 23040180113.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di MI Ma’arif Global Salatiga, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di MI Ma’arif Global Salatiga. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di MI Ma’arif Global Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di MI Ma’arif Global Salatiga meliputi, yang pertama guru sebagai pendidik, guru mendidik siswa melalui pembiasaan dengan selalu mengingatkan untuk berangkat ke sekolah tepat waktu. Kedua guru sebagai pembimbing, yaitu guru membimbing siswa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, seperti mengaji Al-Qur’an, sholat dhuha, sholat dzuhur, dan kegiatan lainnya. Ketiga guru sebagai penasehat, guru selalu memberikan nasehat kepada siswa untuk selalu menaati tata tertib maupun peraturan di sekolah. Keempat guru sebagai inspirator, guru menjadi teladan dan contoh bagi siswanya. Kelima guru sebagai motivator, yaitu guru harus memberikan rangsangan dan dorongan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa, misalnya dengan membentuk karakter disiplin siswa melalui cerita motivasi yang nantinya akan memotivasi siswa untuk lebih disiplin dalam belajar maupun mengatur waktunya. Keenam guru sebagai fasilitator, yaitu guru harus memberikan fasilitas dan kemudahan bagi siswanya dalam proses pembelajaran di sekolah. Dan ketujuh guru sebagai evaluator, yaitu guru memberikan bimbingan konseling dan nasehat kepada anak yang melakukan pelanggaran. (2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di MI Ma’arif Global Salatiga yaitu peran aktif dari orang tua, adanya program kegiatan sekolah yang mendukung, kolaborasi guru dan semua pihak sekolah. (3)Faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di MI Ma’arif Global Salatiga yaitu, pengaruh dari teman, kurangnya jam pelajaran, lingkungan keluarga yang tidak mendukung.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 17:43
Last Modified: 25 Jul 2022 17:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14165

Actions (login required)

View Item View Item