ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTS AL MANAR KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Isnaeni, Maulina (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTS AL MANAR KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
(BURN CD) MAULINA ISNAENI 23070180075.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi segiempat kelas VII C MTs Al Manar ditinjau dari gaya belajar siswa. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Al Manar dengan responden 7 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan komunikasi matematis, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data dari angket gaya belajar, tes kemampuan komunikasi matematis, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gaya belajar visual dari kelas VII C berjumlah 6 siswa. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis yang setara dengan level 3, yaitu kategori baik pada materi segiempat. Siswa dengan gaya belajar visual kelompok atas berada pada level 4 dan siswa dengan gaya belajar visual kelompok sedang berada pada level 2. (2) Gaya belajar auditorial dari kelas VII C berjumlah 6 siswa. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan komunikasi matematis yang setara dengan level 2, yaitu kategori cukup baik pada materi segiempat. Siswa dengan gaya belajar auditorial kelompok atas berada pada level 4, siswa dengan gaya belajar auditorial kelompok sedang berada pada level 3, dan Siswa dengan gaya belajar auditorial kelompok bawah berada pada level 2. (3) Gaya belajar kinestetik dari kelas VII C berjumlah 4 siswa. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis yang setara dengan level 4, yaitu kategori sangat baik pada materi segiempat. Siswa dengan gaya belajar kinestetik kelompok sedang berada pada level 4 dan Siswa dengan gaya belajar kinestetik kelompok bawah berada pada level 2.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 18:12
Last Modified: 25 Jul 2022 11:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14167

Actions (login required)

View Item View Item