PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TOPLES TABUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MENGENAI MATERI MATEMATIKA BANGUN RUANG DI MIN 8 BOYOLALI

NAFI'A, ANISA ILMA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TOPLES TABUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MENGENAI MATERI MATEMATIKA BANGUN RUANG DI MIN 8 BOYOLALI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ANISA ILMA NAFI'A (23040180058).pdf

Download (1MB)

Abstract

Nafi’a, Anisa Ilma. 2022. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Toples Tabung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mengenai Materi Matematika Bangun Ruang di MIN 8 Boyolali. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas arbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Setiorini Rahma Safitri., M.Pd Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kondisi pembelajaran yang metodenya hanya menggunakan ceramah dan tanya jawab tanpa menggunakan alat peraga. Hanya papan tulis dan teks book yang menjadi sarana pembelajaran di MIN 8 Boyolali. Kondisi yang demikian suasana belajar menjadi membosankan bagi siswa dan menurut guru hasil belajar menjadi tidak maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga toples tabung terhadap hasil belajar siswa materi matematika bangun ruang. Permasalahan yang ingin diungkap adalah: untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga toples tabung terhadap hasil belajar siswa kelas V mengenai materi matematika bangun ruang di MIN 8 boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan subjek penelitian 50 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan juga uji hipotesis dengan aplikasi software SPSS V.25. Uji validitas menggunakan product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach.. Penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan antara penggunaan alat peraga toples tabung tehadap hasil belajar siswa kelas V mengenai materi matematika bangun ruang di MIN 8 Boyolali. Berdasarkan nilai taraf signifikansi sebesar 0,01, maka taraf signifikansi 0,01<0,05 atau dapat dilihat dari T hitung> T tabel sebesar 3, 494>2,009 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Besar pengaruh yang dapat diberikan variabel penggunaan alat peraga toples tabung 20% terhadap hasil belajar siswa kelas V, dan 80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan alat peraga toples tabung terhadap hasil belajar siswa kelas V mengenai materi matematika bangun ruang di MIN 8 Boyolali.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 18:28
Last Modified: 25 Jul 2022 18:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14168

Actions (login required)

View Item View Item