IDENTIFIKASI LEARNING OBSTACLE MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Hikmah, Lina Rizki Sariatu (2022) IDENTIFIKASI LEARNING OBSTACLE MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI LINA RIZKI SARIATU HIKMAH-23070180015-2022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle khususnya epistemological obstacle pada materi peluang yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas VIII G SMP Negeri 2 Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Lalu dilakukan analisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Serta dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil identifikasi learning obstacle khususnya epistemological obstacle pada materi peluang yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022, setidaknya terdapat tujuh learning obstacle yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal materi peluang, yakni: kesulitan menjelaskan definisi dalam konsep dasar peluang, kesulitan menentukan ruang sampel dan titik sampel dalam peluang empirik, kesulitan menentukan nilai peluang empirik, kesulitan menentukan ruang sampel dan titik sampel dalam peluang teoritik, kesulitan menentukan nilai peluang teoritik, kesulitan terkait koneksi konsep materi peluang dengan materi matematika lainnya, kesulitan memahami soal cerita dan soal yang berkaitan dengan masalah kontekstual. Presentase rata-rata peserta didik yang yang mengalami hambatan belajar pada materi peluang sebanyak 55%. Hal ini menunjukkan bahwa setengah dari seluruh peserta didik yang mengikuti tes uji learning obstacle materi peluang mengalami learning obstacle dalam menyelesaikan masalah materi peluang.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 18:58
Last Modified: 25 Jul 2022 18:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14169

Actions (login required)

View Item View Item